PROSIDING

 

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika “Moment of General Physics Education” 2018 dapat di unduh pada link di bawah ini:


Fulltext Prosiding SNPF MOTOGPE 2018


Cover Depan dan Belakang

Kata Pengantar

Daftar Isi


Makalah


Strategi Inovatif Membangun Budaya Riset dalam Bidang Pendidikan Fisika di Era Desruptif (Heru Kuswanto)


Analisis Pengelolaan Pendidikan Karakter di Berbagai Jenjang Sekolah (Rambat Nur Sasongko)


Implementasi Nilai-Nilai Karakter Kece (Komunikatif, Empatik, Cinta Damai, Energik) di Sekolah Dasar Dalam Pemanfaatan Bonus Demografi (Ragil Dian Purnama Putri, Nindiya Eka Safitri)


Penanggulangan Erosi Karakter Ke-Indonesian Dengan Ikhsan (Panji Hidayat)


Pendidikan Karakter Melalui Outdoor Education (Ida Komalasari, Erni Susilawati)


Profil Pola Pikir Mahasiswa Fisika Unmul Dalam Melaksanakan Praktikum Fisika Eksperimen II (Syahrir)


Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Penerapan Model Less Structured Guided Discovery Learning (Mastuang, Elfa Erliana, Misbah, Sarah Miriam)


Meningkatkan Hasil Belajar Siswa VIII E SMPN 11 Banjarmasin Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Eriana, M. Arifuddin, Mastuang)


Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 13 Banjarbaru Kelas VIII C Pada Materi Getaran dan Gelombang Melalui Model Pengajaran Langsung Berbantuan LKS Permainan Edukatif (Firda Aulia, M. Arifuddin, Sri Hartini)


Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA-Fisika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif (Risda Amalia, M. Arifuddin, Andi Ichsan Mahardika)


Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Korpri Banjarmasin Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Nisa Karnila, M. Arifuddin, Mastuang)


Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X-5 SMAN 12 Banjarmasin Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Mukhlis, M. Arifuddin, Sri Hartini)


Meningkatkan Keterampilan Prosedural Siswa Pada Pembelajaran Fisika Melalui Model Pengajaran Langsung Di Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Banjarmasin (Tohirah, M. Arifuddin, Abdul Salam M)


Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Prosedural Siswa Kelas VII-D SMP Negeri 31 Banjarmasin Melalui Model Pengajaran Langsung (Saipudin, M. Arifuddin, Sarah Miriam)


Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together (Shaumi Khairunnisa, Zainuddin, Sarah Miriam)


Konsistensi Efektivitas Dari Strategi Argumentasi Dalam Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Terhadap Teori Kinetik Gas (Muhammad Arifuddin, Mastuang, Abdul Salam M., Andi Ichsan Mahardika)


Investment In Physics Education Towards The Scientific Community And Socialistic (Wiwik Agustinaningsih)


Self &Peer Assessment Dalam Setting Pembelajaran Diskusi Kelas Untuk Melatihkan Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran (Abdul Salam M, Sarah Miriam)


Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kertosari II Kabupaten Madiun (Naniek Kusumawati)


Identifikasi Kearifan Lokal Kalimantan Selatan Sebagai Sumber Belajar Fisika (Zainal fuad, Misbah, Sri Hartini, Zainuddin)


Menggali Potensi Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Melalui Model Creative Responsibility Based Learning (Muhammad Arifuddin, Suyidno, Mohamad Nur, Leny Yuanita)


Penerapan Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah (Fitria Hidayati, Julianto)


Studi Literatur Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kerja Ilmiah Mahasiswa Pendidikan IPA (Ellyna Hafizah, Rizky Febriyani Putri, Syubhan Annur)


Pengembangan Keterampilan Berfikir Kreatif Melalui Kegiatan Origami Pada Sekolah Dasar (Suprayitno, Supriyono)


Profil Sikap Terhadap Sains, Keterampilan Proses Sains, Dan Kreativitas Mahasiswa Jurusan PGSD FIP UNESA di Mata Kuliah Konsep Dasar IPA (Julianto, Wasis, Rudiana Agustini)


Karakterisasi dan Uji Emisi Briket Campuran Cangkang Biji Karet dan Abu Dasar Batubara (Ninis Hadi Haryanti, Rijali Noor, Dwi Aprilia)


Studi Deskriptif Performa Sistem Pencahayaan Pada Ruang Kerja Dosen di Cuaca Mendung Ditinjau dari Standar Acuan Dan Konservasi Energi (Samuel Gideon)


Aktivasi dan Karakterisasi Lempung Alam Asal Kalimantan Tengah Sebagai Salah Satu Alternatif Bahan Adsorben (I Made Sadiana, Abdul Hadjranul Fatah, Karelius)


Pemanfaatan Limbah dan Serat Alam Sebagai Bahan Dasar Alternatif Peredam Suara di Bidang Interior (Purwanto)


Identifikasi Pengaruh El Nino dan La Nina Terhadap Variasi Curah Hujan Tahunan di Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua (Iriwi L.S. Sinon)


PUKUL E.coli  (Arsil Maulana, AlMubarak)


Sustainable Development Goals (SDGs) dan Peningkatan Kualitas Pendidikan (Syubhan An’nur, Saiyidah Mahtari, Mustika Wati, Miranti Diah Prastika)


Melatihkan 21 Century Skills Melalui Pembelajaran Student Centered (Agus Rohman, Mohammad Zahri)


Pengaruh Metode Scaffolding Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar (Erna Ervianti)


Desain Buku Tutorial Pembuatan Mainan Tradisional di Kampoeng Dolanan Pandes sebagai Media Pembelajaran Anak (Kristian Oentoro, Wiyatiningsih, Marcellino A. Mahendra)


Pendekatan Klarifikasi Nilai untuk Mengembangkan Karakter Anak Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (Mufida Istati)


Keterlaksanaan Literacy Learning Model (LLM) dalam Melatihkan Literasi Sains dan Sikap Positif terhadap Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika (Titin Sunarti, Madlazim, Wasis, Suyidno)


Keterlaksanaan Model Pembelajaran Berbasis Jejaring Pertanyaan Dan Kendala yang Dihadapi Guru Dalam Pembelajaran Fisika (Evendi, Endang Susantini, Wasis)