Studi Deskriptif Performa Sistem Pencahayaan pada Ruang Kerja Dosen di Cuaca Mendung Ditinjau dari Standar Acuan dan Konservasi Energi

Samuel Gideon

Abstract


Kepuasan dan produktivitas kerja seorang dosen dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang salah satu di antaranya adalah ruang kerja dosen dengan sistem pencahayaan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah meninjau apakah sistem pencahayaan pada ruang kerja dosen Fakultas X di Universitas Y sudah memenuhi standar yang telah ditentukan, yaitu Standar Nasional Indonesia (SNI) 03-6575-2001 tentang konservasi sistem pencahayaan pada sebuah gedung/bangunan. Penelitian dilakukan pada musim penghujan untuk tujuh sampel ruang kerja dosen yang terletak dekat dengan jendela, memiliki luas ruangan yang sama dan dilengkapi dengan lampu. Langkah pertama adalah mendata jumlah dan posisi lampu terpasang serta luas ruangan untuk menghitung daya terpasang per satuan luas. Langkah berikutnya adalah mengukur intensitas cahaya dengan menggunakan luxmeter di setiap sampel. Dan nilai pengukuran yang digunakan untuk membandingkan dengan standar SNI adalah selisih hasil pengukuran pada kondisi lampu dihidupkan dan dimatikan. Hasil perhitungan daya terpasang per satuan luas sebesar 12,42 W/m2 yang memenuhi standar SNI sebesar 15 W/m2. Hasil pengukuran intensitas cahaya rata-rata dari ketujuh sampel adalah sebesar 87,07 lux sehingga tidak memenuhi standar SNI sebesar 350 lux. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada angka tersebut performa lampu terpasang hanya 7,04% dari yang seharusnya sehingga perlu dilakukan penggantian.


Keywords


luxmeter, pencahayaan, SNI.

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan. (2011). Rancangan Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan Tinggi Program Pascasarjana Dan Profesi (Edisi 1). Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Badan Standarisasi Nasional Indonesia. (2001). Standar Nasional Indonesia (SNI) 03-6575-2001 (SNI) 03-6575-2001 tentang Konservasi Sistem Pencahayaan pada Sebuah Gedung/Bangunan. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional Indonesia

Cahyantari, L., Rif’ati, D.H., & Supriyadi, B. (2016). Analisis Intensitas Pencahayaan di Ruang Kuliah Gedung Fisika Universitas Jember dengan Menggunakan Calculux Indoor 5.0b. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol.5 No.1, Hal 77-81

Hakim, L. (2014). Analisa Performa Sistem Pencahayaan Ruang Kelas Mengacu pada Standar Kegiatan Konservasi Energi. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, Vol.2 No.1, Hal 51-58

Handayani, D., Fathimahhayati, L.D., Suhendrianto, Pinangki, S., & Budi Dharma, I.G.B. (2013). Analisis Pencahayaan Ruang Kerja: Studi Kasus Pada Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Batik Tulis di Yogyakarta. Jurnal Dinamika Rekayasa, Vol.9 No.2

Kuruseng, H. & Jamala, N. (2016). Analisis Standar Iluminasi pada Ruang Kerja Kantor. Prosiding Temu Ilmiah IPLBI 2016, Hal 25-30

Tongkukut, H.J.S. & Asâ€ari. (2016). Analisis Tingkat Pencahayaan Ruang Kuliah dengan Memanfaatkan Pencahayaan Alami dan Pencahayaan Buatan. Jurnal MIPA Unsrat, Vol.5 No.2, Hal 108-112

Thoji, J. & Adhitama, M.S. (2013). Kenyamanan Visual melalui Pencahayaan Alami pada Kantor (Studi Kasus Gedung Dekanat Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang), Jurnal RUAS, Vol.11 No.2, Hal 10-15

Widiyantoro, H., Muladi, E., & Vidiyanti, C. (2017). Analisis Pencahayaan Terhadap Kenyamanan Visual Pada Pengguna Kantor (Studi Kasus: Kantor PT. Sandimas Intimitra Divisi Marketing di Bekasi), Jurnal Vitruvian, Jurnal Arsitektur, Bangunan dan Lingkungan, Vol.6 No.2, Hal 65-70.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.